Penjara


Assalamualaikum wr. wb.
Penjara itu memang telah ada sejak dahulu. Di dalam Al-Qur’an di sebutkan bahwa Yusuf a.s. berkata :
Wahai Tuhanku, pejara lebih aku sukai daripada memenuhi ajakan mereka kepadaku”. ( QS Yusuf : 33)

Dan di sebutkan pula bahwa dia masuk penjara dan tinggal didalamnya beberapa tahun. Penjara telah ada semenjak masa Rasulullah saw, masa sahabat dan orang-orang sesudah mereka hingga pada saat kita sekarang ini.

Ibnul Qaiyyim berkata:
“ Tahanan yang menurut syara’ itu bukan tahanan di tempat yang sempit. Akan tetapi tahanan itu merintangi dan menghalangi tindakan itu sendiri, baik dirumah, di mesjid, atau berada dalam kawasan lawan, menyerahkannya kepada lawan dan diawasi oleh lawan. Oleh sebab itu Nabi saw. Menamakan orang yang ditahan itu sebagai tawanan.

Diriwayatkan oleh Abu Dawud dan Ibnu Majjah dari AlHarmas bin Habib, dari ayahnya, dia berkata :

اَتَيتُ النَّبِيِّ صلى اللهُ عَلَيْهِ وسلَّمَ بِغَرِيْمٍ لِى، فقَالَ لِى: اِلْزِمْهِ ، ثُمَّ قالَ : يَااَخَابَنِى تَمِيْمٍ، مَا تُرِيْدُ اَنْ تَفْعَلَ 

بِاَسِيْرِكَ ؟،

“ aku membawa orang yang berutang kepadaku kehadapan Nabi saw. Maka kata beliau kepadaku : “ Awasilah dia”, lalu kata beliau : “ wahai saudara dari bani Tamim, apa yang hendak engkau lakukan terhadap tawananmu? “

Kemudian Ibnul Qaiyyim berkata : inilah tahanan pada masa Rasulullah saw, dan Abu Bakar r.a. tahanan itu bukanlah tahanan yang disediakan untuk menahan musuh, akan tetapi ketika rakyat mulai banyak dimasa Umar ibnul Khattab, maka dia membeli sebuah rumah di mekkah, dan dijadikan penjara untuk menahan.

Macam – macam Tahanan


Al-Khathabi berkata:
Tahanan itu ada dua macam : tahanan sebagai hukuman dan tahanan sebagai pemeriksaaan. Tahanan sebagai hukuman itu tidak terjadi kecuali dalam kewajiban. Dalam hal tuduhan, maka penahanan hanya untuk memeriksa agar terungkap hal-hal yang ada dibalik penahanannya.

Memukul Orang Yang Tertuduh

Tidak halal menahan seseorang tanpa hak. Bila dia ditahan karena hak, maka harus segera diperiksa urusannya. Bila ternyata dia berdosa atau bersalah dia dihukum sesui dengan kesalahannya. Dan bila dia bersih, maka harus segera dibebaskan.

Diharamkan memukul orang yang tertuduh, karena hal itu berarti merendahkan dan melanggar kehormatannya. Rasulullah saw. Telah melarang untuk memukul orang-orang muslim. Akan tetapi apakah bagaimana kalau dia tertuduh sebagai pencuri, ?

Dalam hal ini ada dua pendapat:
Pendapat yang dipilih pihak Hanafi, dan Al-Ghazali dari Aliran Safi’i bahwa orang yang tertuduh mencuri itu tidak dipukul, karena kemungkianan ia bersih dari perbuatan mencuri.

Imam malik memperbolehkan memenjarakan orang yang tertuduh mencuri. Bahakan sahabt-sahabatnya memperbolehkan pula untuk memukulnya, untuk mengeluarkan harta yang di curinya dari satu segi, sedang di segi yang lain sebagai pelajaran bagi orang-orang lain supaya tidak berani melakukan perbuatan ini.
Bagaimana Sepantasnya Tahanan Itu ?

Seharusnya orang tahanan itu di nafkahi dari baitulmal, dan setiap orang yang ditahan mendapat makanan dan pakaian yang layak.Mencegah orang-orang yang dipenjara dari makanan, pakaian dan tempat yang sehat yang mereka perlukan itu merupakan suatu kezaliman yang mendapatkan hukuman dari Allah.

Dari Ibnu Umar r.a, bahwa Nabi saw. Bersabda :
“ seorang perempuan disiksa karena seekor kucing yang ditahannya sehingga mati, lalu perempuan itu masuk neraka; sebab dia tidak memberinya makan dan minum diwaktu menahannya, dan tidak pula membiarkannya makan serangga yang ada di bumi ( HR Al-Bukhari dan Muslim )

Sumber: Fiqah

تَڠڬَا إِسْلَامْ

28 komentar:

  1. Bagaimanapun bentuknya, dipenjra terasa tidak enak
    Nice post..., nambah pengetahuan MasbRo....

    ReplyDelete
  2. g enak banget,,,,,
    kalau prnjara suci gmna?
    atau pnjara yg dbyar? hehehe

    slam blogger sOb,,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe kak maya,, yang namanya penjara da aturan sendiri, bukan aturan dibuat2,, seperti jaman karang kak :)

      salam juga kak,, trims yea :)

      Delete
  3. terima kasih boss artikelnya, kalo di penjara apalgi terpenjara nggak ada yang enak boss. Salam.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyea bang,, jangan banyak bikin kesalahn tu,, nanti di penjara lagii hehe,,
      canda bang,,
      trims ea bang TCC :)
      salamm..

      Delete
  4. Penjara sekarang telah berubah, kini semua mengikuti hukum barat, Subhanallah !

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener banget bang,,,
      kalau memang penegak hukum mau mengikuti peraturan Al-Qur an,,
      InsyaAllah akan tetap seperti dulu bang ..

      trimksih ya bang :)

      Delete
  5. jangankan tahanan terpidana,
    tahanan mertua juga ga enak mas . hihihi .

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa kak iinn,, sapa bilang enakk,,
      paling - paling nyamuk sejati yang nemenin kita,, yea kan kak,,
      jangan banyak bikin kesalahan tu,, entar ane tangkao tu kak,, heheh candaarr ;)

      trims yea kak iin :)

      Delete
  6. ikh serem, denger nama penjara aja udah takut

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe serm gmna kak vina ???
      mang kenapa,, kayaknya trauma sangat ni kak vina ma penjara ?? :)

      Delete
  7. Ikut menyimak mas bustam, maaf nih baru semmpat menjalin silaturahmi.,

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe iyaa bang, dak msalahh :)
      saya pikir kemana dah,, alnya sudah lama sangat tak nampak2 ni .. :)

      salam yea bang,,
      oa link abng dah sya pasang yea bang :)
      salam silaturrahmi bang

      Delete
  8. ternyata namanya tahanan ada 2 macam baru ta ane.. cz ane bukan orang hukum.. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe iyea bang,, :)
      bisa ja bang ni,,
      trims yea bang,,
      salam kenal yea bng ;)

      Delete
  9. waduh.. namanya ditahan.. belum tau merasakan .. membayangkan aja udah ngeri..

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe masa sich bang,,
      mang napa bang,

      pa dah pernah kenalan yea bang,, heheh
      candaa,,:)
      salam yea bang,, trims juga tas knjungannya ni :)

      Delete
  10. ini para polisi harus baca seenaknya.. biar gk sembarang memperlakukan orang2 yang walaupun bersalah

    ReplyDelete
    Replies
    1. sipp seturju bang,,
      tapi bang percma kalo cuma di baca tapi tidak di jalani.. :(

      cuba saja kita perhhatikan tahanan-tahanan sekarang,, dah parah benar yae bang,, :(
      trims tas knjngannya bang,,
      salam sukses dari tangga ni :)

      Delete
  11. makasi sob.. aen jadi tau gimana harus memperlakukan secara adil kepada orang yan dituduh..

    ReplyDelete
    Replies
    1. sippp ;)
      samer- samer bang,,
      sudah seharusnya kita sailng berbagi kann ?? :)
      mksh yea bang :)

      Delete
  12. kunjungan perdana gan.. maksi ilmunya

    ReplyDelete
    Replies
    1. yea,, sama-sama bang.. begitu juga sebaliknya ni.. :)

      Delete
    2. iyea bang,, sama - sama bang,, :)
      trims juga tas knjngannya yea bang :)
      salam sukses ni :)

      Delete
  13. Asal jangan terpenjara oleh hawa nafsu

    ReplyDelete