Mengisi Waktu Kosong Dengan Aktivitas


Assalamualaikum sobat...

Kalau kita mendengar tentang waktu sudah biasakan ? akan tetapi bagaimana tentang waktu kosong anda ? apakah anda sudah memikirkannya ? apakah anda sudah mempergunakannya dengan sebaik – baiknya ? waktu itu hanya sekejab, waktu itu hanya sekedip mata, waktu itu bagaikan pedang samurai waktu. Dia akan melintasi kita dengan cepat. Nah, kalau memang anda masih merasa dalam kebingungan simaklah beberapa ulasan mengenai waktu yang kosong. Yaitu dengan “Mengisi Waktu Kosong Anda Dengan Aktivitas”.

Para penganggur dalam kehidupan adalah penyebar dan penyiar isu, karena hati mereka terbagi-bagi. “ meraka rela berada bersama orang-orang yang tidak pergi berperang.” Sungguh, kondisi hati yang paling membahayakan adalah hari ketika seseorang kosong dari pekerjaan mereka, ibarat mobil yang melaju dengan cepat tanpa sopir, maka akan condong ke kiri dan ke kanan.

Satu hari ketika anda mendapati waktu yang kosong, maka bersiap – siaplah untuk menghadapi kecemasan, kesedihan, dan ketakutan; karena waktu kosong ini akan menarik ingatan yang telah lalu dan yang akan datang, yang ada dalam tahapan – tahapan kehidupan, menuju persoalan yang berantakan.
Saya berwasiat kepada anda dan diri saya sendiri, hendaklah berusaha dengan aktivitas yang produktif sebagai ganti dari sebuah kehidupan santai yang mematikan, karena hal itu merupakan pembunuhan terselubung dan membunuh diri dengan obat yang menenangkan tanpa kita rasakan.

Sesungguhnya waktu kosong itu mirip dengan siksaan yang perlahan – lahan, yang telah dipraktikkan dalam penjara di negeri Cina, dengan meletakkan tawanan di dalam tabungan yang menetes darinya campuran beracun setiap detik.

Dalam masa menunggu setiap tetesan ini, para tawanan di timpa kegilaan. Bersantai – santai adalah suatu kelalaian. Kekosongan adalah pencuri yang hebat, dan akal anda adalah mangsa empuk bagi pertempuran psikologi. Oleh sebab itu, bangkitlah sekarang juga, shalatlah, bacalah, bertasbihlah, atau pelajarilah, menulislah, rapikan kantormu, perbaiki rumahmu atau ambillah mamfaat dari orang lain, sampai anda bisa menghabiskan waktu kosong anda.

Sungguh kami hanya memberi nasihat kepada anda. Sembelihlah waktu kosong anda dengan pisau aktivitas dan para dokter dunia telah menjamin bahwa 50% kebahagian sebagai imbalan dari pekerjaan yang baru dilakukan dari waktu yang tersisih itu.

Perhatikanlah para petani, pedagang, dan para kuli bangunan yang bernyanyi dengan tembang – tembang, seperti seekor burung kakak tua yang berada dalam kebahagiaan, ketentraman dan kesenangan, sementara di anda atas ranjang sambil mengusap air mata serta kacau pikiran karena anda tersengat.

Oleh sebab itu, jangan sia – siakan waktu anda, karena waktu yang telah lewat tidak bisa kita putar kembali, dia bagaikan pisau yang teiris dengan halus. Sedikit demi sedikit dia membantai kita kalau saja kita lalai, waktu akan menebas kita. Jadi pergunakanlah waktu anda sebaik - baik mungkin.

Sumber : Aidh Abdullah Al – Qarni

0 komentar:

Post a Comment