Syukur Ketika Berhasil, Sabar Bila Belum Berhasil

Assalam sobat ku...

Mendengar tentang keberhasilan jadi merinding rasanya bukan ? namun apa yang sobat lakukan jika terjadi sebaliknya, apakah kita akan bersabar dengan cobaan yang di berikan ? apakah kita merasa putus asa akan kehendak Allah demikian ? katahuilah sahabat, secara umum orang – orang akan mudah bersyukur bila mana ia berhasil, akan tetapi belum tentu rasa SABAR itu bisa menyertainya.

Akan tetapi sobat, alangkah lebih baiknya jika anda melakukan kedunya, arinya dikala sukses anda mau bersyukur dan disaat anda tertimpa musibah ( cobaan ) dari Allah juga mau bersabar.” Orang yang seperti inilah yang seperti inilah sempurna disisi-Nya.

Sobat ku yang setia, pada kali ini ada sedikit imformasi ataupun ilmu yang Tangga ISLAM curahkan. Semoga nantinya bisa berguna buat sobat sekalian, aminn,, baiklah langsung kepembahasannya saja,,
Saya teringat satu hadist yang saya rasa sangat cocok untuk pembahasan ini, yang hadist ini dari Shuhaib r.a :

عَنْ صُهَيْبٍ قَالَ : قَالَ رَسُوْلُ اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : عَجَبًا لِاَمْرِالْمُؤْمِنَ اِنَّ اَمْرَهُ كُلَّهُ خَيْرٌ وَلَيْسَ ذَاكَ لِاَحَدٍ اِلَّا لِلْمُؤْمِنِ اِنْ اَصَابَتْهُ سَرَّاءُ شَكَرَ فَكَانَ خَيْرًالَهُ وَاِنْ اَصَابَتْهُ ضَرَّاءُ صَبَرَ فَكَانَ خَيْرًالَهُ

Yang artinya : Dari Shuhaib r.a katanya Rasulullah saw. Bersabda : “ sungguh mengagumkan orang – orang mukmin karena pekerjaannya semua baik. Yang demikian tidak akan terdapat pada orang – orang lain kecuali hanya pada orang mukmin. Karena apabila dia berhasil ( Sukses ) dia bersyukur. Dan apabila dia ditimpa kesulitan dia mau bersabar. Itulah ( Rahasia ) kebaikannya.”

Berdasarkan hadist diatas kita dapat mengambil satu pelajaran yang sangat berharga, kalau kita tinjau pada masa – masa sekarang apa masih ada tertanam akan hal demikian dalam hati kiti, jawaban ini ada sama diri kita masing – masing sobat, kita hanya tinggal sisihkan waktu sejenak, dan tanyakan pada hati masing – masing.

Ketahuilah sobat, sungguh sangat disayangkan bila seseorang tidak mengenali akan KESABARAN suatu cobaan dari Allah. Yang padahal dia dalam masa belum berhasilnya itu dia sedang di uji oleh Allah, namun bila ia tetap mau bersyukur dan mau bersabar walau apapun musibah yang di timpanya insyaAllah dia akan diberi jalan kemudahan baginya, padahal tangga yang ia raihkan tinggal satu langkah lagi, Namun dikarenakan dia tidak mau BERSABAR dan menerima apa adanya yang Allah anugerahkan terhadapnya, kegagalanlah yang selalu menemaninya.

Seharunya kita sadari akan kedudukan kita, bukankah kita tidak lebih dari titipan Allah ke muka bumi ini semata, Akan tetapi kenapa kita bertindak seakan – akan kita tidak akan menyusul ke ibu kita ( TANAH ). Sadarilah akan kedudukan kita, tugas kita di dunia ini tidak lebih dari mengabdi kepda-Nya. Bersyukurlah dan terimalah apa yang telah Allah anugerahkan kepada kita.

Pesanku : Bersyukurlah disaat anda menaiki tangga keberhasilan, dan bersabarlah disaat anda belum berhasil, karena itu semata cobaan dari Allah.

Sobat, mungkin hanya ini sedikit yang dapat tangga ISLAM berikan, semoga bermamfaat soabt,, J, dan salam sukses buat semuanya, jangan lupa tetap bersabar yeaa J.  Terimakasih atas kunjungannya sobat . . . .
Sumber : Sahih Muslim
وَالسَّلَامْ
تَڠڬَا إِسْلَامْ

15 komentar:

  1. Tangga ISLAM# sungguh memberikan inspirasi buatQ, mdah2an kta selalu menjadi hamba yang selalu bisa bersyulkur, baik ketika gagal maupun berhasil. Amin Ya Allah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. :) Aminnn Ya Allahh,, InsyaAllah bang :)
      trims yea bang :)

      Delete
  2. memang yg namanya manusia lebih 'mudah' bersyukur saat berhasil dan 'mudah' marah saat gagal,, sifat manusia yg memang manusiawi :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyea bang,, tapi ia akan berubah jika ia mau berusaha sedikit demi sedikit,,
      trims yea bang :)

      Delete
  3. salam
    terimakasih kerana berkunjung dan meninggalkan komen diblog akak..salam kenal..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyea kak,, sama - samar :)
      trims uga yea kak :)
      salam sukses slalu ni :)

      Delete
  4. Sebagai hamba ciptaanNya ... Memang seharusnya kita diuji namun terserah kita bagaimana cara mengurus ujian itu samada dgn cara yg benar atau sebaliknya... Kesenangan adalah ujian..kesusahan juga adalah ujian..semoga saja kita dapat menghadapi segala ujian dengan bersyukur / kesabaran :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. aminnnn,, mudah - muudahan yea kak lisa :)
      trims yea kak ta knjungannya . . .
      salam kak :)

      Delete
  5. asaalamualaikum, kunjung balas di sini..trima kasih ya.

    ReplyDelete
  6. What i do not understood is if truth be told how you are now not actually
    a lot more well-preferred than you might be right now.
    You're very intelligent. You understand therefore significantly in relation to this matter, produced me individually consider it from a lot of numerous angles. Its like men and women aren't fascinated until it is something to do with Woman gaga!
    Your own stuffs great. All the time handle it up!

    Visit my site best exercise equipment to get fit

    ReplyDelete
  7. Excellent web site. A lot of helpful information here.
    I'm sending it to some pals ans additionally sharing in delicious. And naturally, thank you on your effort!

    Stop by my web site: view website

    ReplyDelete
  8. thank you so much for all companions.
    and also for your visit to my web site :D

    ReplyDelete
  9. Spot on with this write-up, I actually feel this website needs
    a great deal more attention. I'll probably be returning to see more, thanks for the information!

    My blog post; health diet tips (weightloss-and-diet-tips.com)

    ReplyDelete