Sholat Mencegah Keji Dan Mungkar


Suatu bangunan yang ingin di bangun tentu tidak akan berdiri jika pondasinya tidak ada begitulah kiranya shalat di ibaratkan disini. Yangmana jika seseorang tidak mendirikan shalat yang padahal perbuatan ibadahlainnnya selalu dikerjakan itu semua tidak lebih bagai orang yang meraih fatamorgana.
Taukah apa itu fatamorgana ,,,, Pernahkah anda melihat dari jauh pandangan mata akan kabut seperti uap biasanya diaat siang hari ini muncul, namun ketika anda mendekat dia menghilang, ini lah yang dinamakan Fatamorgana. Seperti itulah orang yang mengaharapkan fahala lain sedang ia tidak mendirikan sholat.
Dalam sebuah ayat Allah telah berfirman :

اُتْلُ مَا أُوحِيَ إِلَيْكَ مِنَ الْكِتَابِ وَأَقِمِ الصَّلَاةَ إِنَّ الصَّلَاةَ تَنْهَى عَنِ الْفَحْشَاء وَالْمُنكَرِ وَلَذِكْرُ اللَّهِ أَكْبَرُ وَاللَّهُ يَعْلَمُ مَا تَصْنَعُونَ -٤٥

"Bacalah Kitab (al-Quran) yang telah diwahyukan kepadamu (Muhammad) dan laksanakanlah shalat. Sesungguhnya shalat itu mencegah dari (perbuatan) keji dan mungkar. Dan (ketahuilah) mengingat Allah (shalat) itu lebih besar (keutamaannya dari ibadah yang lain). Allah Mengetahui apa yang kamu kerjakan." ( Q.S. Al – ‘Ankabut : 45 )

Lalau bagaimana orang  - orang yang sudah melakukannya akan tetapi dia berbuat maksiat juga. Kadang dia yang sering kita lihat selalu giat dalam ibadah akan tetapi dia juga yang sering kita jumpa dalam perbuatan maksiat kepada Allah ?

Kalau kita tinjau dari ayat di atas apakah salah ayat yang Allah firmankan ?... tidak sahabat ku, bukan ayatnya yang kita persalahkan, akan tetapi yang harus kita pertanyakan, sudah betulkah orang yang melaksanakan shalat itu ? ini yang menjadi pertanyaannya. Bukan ayat yang salah akan tetapi orang mengerjakan shalat yang belum sesuai dengan syari’at.

Berbicara mengenai salah mempergunakan saya teringat sama satu kisah..

Ada seorang pemuda dari kampung yang orangtuanya lagi sakit berat. Kemudian dia pergi menemui seorang dokter ingin menanyakan tentang obat apa yang bagus untuk orang tuanya, dokter menjawab obat yang bagus untuk mengobati penyakit tersebut, kamu pergi saja ke pegunungan dan kamu cari yang namanya buah janeng, dan kemudian kamu rebuslah untuk orang tua mu”.

Kemdian pemuda tadi langsung mencari buah tersebut, untuk membawa pulang dan direbusnya. Tidak lama sesudah matang iapun memberi kepada orang tuanya. Apa yang terjadi sobat, tidak lama kemudian setelah orang tuanya makan buah tersebut, orang tua si lelaki tadi meninggal dunia.

Dia sangat marah terhadap si dokter, dia bergegas balik menjumpai dokter itu dengan wajah yang penuh dengan amarah. apa yang dokter bilang ini semua bohong, kenapa sesudah saya kasih buah tersebut orang tua saya meninggal dunia. Padahal saya sudah mengikuti seperti apa yang dokter katakan.

Jawab si dokter, memangnya seperti itu, apa kamu ada mengupas kulitnya ketika kamu rebus ? tidak, jawabnya. nah disitulah kesalahanmu, seharusnya kamu kupas dulu baru kamu kasih buat orang tua mu.
Jadi bukan si dokter tersebut yang salah, akan tetapi orang yang melaksanakannya tersebut yang salah dalam mempraktekkannya. Begitu juga terhadap  firman Allah yang diatas, bukan ayatnya yang salah akan tetapi orang yang melaksanakan shalat yang masih belum benar.

Salah satunya ialah tidak khusuk ketika dalam shalat, pakaiannya yang dilabui dengan najis dan lain – lain halnya. Salah satu cara agar kita khusu’ dalam shalat yaitu ketika kita membaca ayat sertailah maknanya ataupun lafadh yang kita baca dalam hati kita. Dan masih banyak cara  lainnya. insyaAllah nanti pada pembahasan lain akan Tangga ISLAM bahaskan. Semoga dengan ilmu yang sedikit ini bisa berguna kiranya buat sahabat – sahabat sekalian. Aminnn

Sumber : Al-Qur an
وَالسَّلَامْ
تَڠڬَا إِسْلَامْ

16 komentar:

  1. Sesungguhnya sebab itulah dikatakan solat itu tiang agama. Kalau tak ada tiang bagaimana sebuah rumah mahu kukuh. Bayangkan dinding-dinding mahu dilekatkan dimana? Oleh itu bersama kita kuatkn iman dgn mendidirkan solat agar dapat mengukuh iman dan ibadah yg lain. Wallahualam...

    Terima kasih singgah blog kakak:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener kak,,, :)
      ia sama2 kak,,
      trims juga yea kak,,

      Delete
  2. solat itu tiang agama mesti buat

    ReplyDelete
    Replies
    1. trims bang :)
      itu lah maksud semua dari atas,,
      di ibaratkan rumah yang tidak terbangun jika pondasinya tidak ada ( tidak kokoh ) ..
      trims yea bang tas sarannya :)
      salam bang :)

      Delete
  3. makna dari salah satu kutipan al qur'an ini = kata-kata Allah, sangat dalam kalo kita mau telisik lebih jauh lagi. "Mencegah perbuatan keji dan munkar" menurut saya, bukan lantas dengan sholat saja dapat mencegah perbuatan tsb, tanpa ada usaha.

    Seperti yang Allah katakan juga "Allah tidak akan merubah keadaan suatu kaum sehingga mereka merubah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri." tindakan antara doa+usaha=horizontal, dengan begitu Insya Allah dapat mencegah, bahkan membenci "perbuatan" (bukan orang-nya) jelek tsb. dengan Niat karena Allah semata.

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener bang, inihanyalah salah satunya,,
      jika tiangnya tidak berdiri bagaimana dengan yang lainnya,,

      memang bener apa yang bang suhendri bilang,,
      aminnn mudah2han yea bang,,
      trims bang tas kritik daan tambahan ilmunya,,
      salam bang :)

      Delete
  4. mudah-mudahan ane bisa membangun tiang, yang bener-bener tiang. supaya bangunan diatasnya bisa kuat.
    thanks sob atas info dan nasehatnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. aminnnnnn,, insyaAllah bang,, salkan dengan sungguh2 :)
      sama2 bang,,
      semoga sukses selalu ni :)
      salamm :)

      Delete
  5. sob mau nanya buah janeng itu sejenis apaan yah???

    ReplyDelete
    Replies
    1. dia sejenis buah bengkaung,,
      warnanya hampir sama seperti itu..
      kalo bagi orang aceh sini, biasanya di gunakan untuk pengebotan sakit REMATIK...
      :)

      Delete
  6. solat memang kewajiban yang sangat harus di penuhi

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe ia kak,, :)
      tapi itu sulit di jalani bagi orang yang menyulitkannya,,
      begitu juga sebaliknya,,
      trims yea kak :)

      Delete
  7. ya emng sulit dijalankan ,,, bagi orang yang tidak mengerti benar tentang tatacara sholat,,,,jadi kita harus beljar benar tentang shlat,,, bekannnnn kawannnn hehh
    http://abi-muksal.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehehe iyea betul sangat tu,, trims banget gure tas curahan tambahannya,,
      sippp pasti tu,,
      "trims juga tas kunjungannya ni :)

      Delete
  8. Bagus ne link nya, mudah2an bisa menambah ilmu dalam mempelajari ISLAM secara kaffah :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. aminnn,, trims yea bang :)
      salam silaturrahmi bang :)

      Delete