Jagalah Permata Anda !

Seorang ibu akan sangat antusias untuk menjaga harta dan permata – permatanya. Maka jika anda wahai sang ibu ( calon ibu ), memiliki kalung dari emas atau permata, kemudian salah satu dari saaudara perempuan atau temannya meminta kpada anda untuk meminjamkannya, anda pasti akan ragu – ragu utuk memberinya, dan anda pun takut kalau ia nantinya tidak merawatnya atau lebih dari itu bukan...

Bahkan boleh jadi jika ada permintaan untuk bersedekah dengan memberikan sebagian dari harta anda kepada salah satu lembaga sosial demi kemuslihatan saudara – saudaramu yang Muslim, pasti anda akan melambat – lambatkan untuk melakukan perbuatan itu bukan. Anda pun akan memperbanyak pertanyaan – pertanyaan tentang kelanjutan sedekah tersebut. Mengapa hal seperti itu bisa terjadi ???

Alasannya adalah karena anda ingin menjaga harta anda dan tentunya anda tidak ingin harta tersebut hilang atau tidak sampai kepada orang yang membutuhkannya. Padahal anda sudah mendapatkan fahala dari niat untuk melakukan perbuatan tersebut walaupun tidak mengenai sasaran yang di maksudkan selama anda bersungguh – sungguh dan ikhlas karena Allah SWT.

Namun dengan pengantar ini saya bermaksud untuk mengatakan bahwa anda memiliki harta dan permata yang paling berharga yaitu “Putri anda”. Namun walaupun demikian kita melihat banyak kaum ibu yang tidak menghiraukan harta yang mahal dan berharga ini.

Terkadang disaat dia terlambat pulang sekolah hampir mendekati asar bahkan sampai ada yang pulang sampai malam ibunya tidak pernah menanyakan keterlambatannya itu, kdang ia pergi dengan sopir, kadang dia pulang sendirian tapi ibunya tidak pernah menanyakannya. Anak ini dan juga ibunya lupa atau pura – pura lupa akan sabda Rasulullah saw.

لَايَخْلُوَنَّرَجَلٌبِامْرَأَةٍالشَيْطَانُثَالِثُهُمَا

Tidakkah seorang laki – laki dan seorang perempuan berduaan kecuali yang ketiganya adalah setan ( iblis ) ( HR Imam Ahmad )
Dalam hadis lain Rasulullah saw bersabda :

لَنْتَزُوْلَقَدَمَاعَبْدٍحَتَّىيُسْأَلُعَنْأَرْبَعٍخِصَالٍوَذَكَرَمِنْهَاعَنْعُمْرِهِفِيْمَاأَفْنَاهُ،وَعَنْشَبَابِهِفِيْمَاأَبْلَاهُ

“ Tidaklah akan tergelincir kedua kaki seorang hamba pada hari kiamat hingga ia ditanyai terlebih dahulu tentang empat perkara, itulah diantaranya ia ditanya tentang umurnya dalam hal apa ia habiskan, dan tentang masa mudanya dalam hal apa ia pergunakan.” ( HR ath – Tharbani )

Sesungguhnya pendidikan anda terhadap putri anda agar tetap berada dalam kebaikan, dan meluruskan putri anda serta membesarkannya dengan pertolongan Allah di bawah pengawasan anda. Sudah benar dan lurus padahal telah menghabiskan waktu anda bertahun – tahun namun bisa jadi hancur dalam waktu semalam.

Bagaimana hal demikian terjadi ? terkadang dalam keluarga kerabat yang di pakai menginap oleh putri anda selama semalam itu, terdapat penyimpangan atau sikap menganggap enteng terhadap sebagian masalah agama dimana hal ini akan menjadikan putri anda menilai, kemudian ia membandingkannya dengan kondisi di rumahnya. Diamana ia hidup dalam suasana yang ketat dan bisikan hati – hati lainnya yang mulai berserang di pikirannya. Kemudian berkembang dan berubah menjadi sebuah penolakan yang terkadang membawanya kepada sikap menentang anda dan berjalan mengikuti arus buruk sedikit demi sedikit.

Berhati – hatilah wahai saudariku yang mulia, peliharalah perhiasan permata yang berharga ini, dan bertanyalah kepada orang yang telah mengalaminya. Berapa banyak para bapak dan ibu sekarang ini mendoakan untuk orang tua mereka ketika mereka ( orang tua tersebut ) begitu bersemangat memperhatikan mereka sewaktu mereka masih kecil. Orang – orang tua mereka tersebut melarang mereka ( yang kini menjadi ayah dan ibu bagi anak – anaknya ) dari berbagai keinginan dan pelampiasan hawa nafsu yang mereka inginkan.

Pesanku : jagalah sebaik – baik mungkin perhiasan berharga mu ini wahai saudariku, karena kelak ia yang akan menghiraukanmu namun sebaliknya akan terjadi jika anda tidak memeliharanya dengan baik. Semoga dengan sedikitnya ilmu yang saya terapkan ini bisa bermamfaat buat saudari – saudariku se agama. Aminn.

Wasalam
Nurah

14 komentar:

  1. benar tu, anak adalah permata yg paling berharga yg dianugerahkan Allah untuk kita, seharusnya kita menjaga amanat itu dengan baikkan? InsyaAllah...

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe kak ni nah,,
      iya kak,, mudah2han dengan ptunjkn-Nya bisa demikian,,
      trim yea kak :)

      Delete
  2. benar...perjuangan orang tua kita dalam mendidik kita sangatlah berat, terutama dalam menjaga dan mendidik anak perempuan, agar selamat dunia dan agamanya. Kita pun tentunya harus bisa seperti itu...terima kasih telah mengingatkan, salam..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya,, sama2 bang :)
      smoga ja demikian bang,,, aminnn,
      trims yea bang tas knjungannya :)
      salam juga,,

      Delete
  3. Setiap anak adl amanah (baik laki atau perempuan). Dan melihat keadaan jaman tdk hanya menjaga anak perempuan, mengawasi yg laki-laki pun juga sangat berat.

    Salam.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bang,, bner sangat tuu,,
      moga ja bisa terjaga muanya yea bang :)
      trims bang :)

      Delete
  4. Anak merupakan titipan dari Yang Kuasa kepada kita orang tuanya. Jadi kita harus menjaga, mendidik anak dengan sebaik-baiknya. Salam.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iye bang,, trims yea tas knjngannya :)
      salam juga :)

      Delete
  5. Assalamualaikum...Salam kenal dari kak fiza buat Bustan SAM...anak2 ni kena didik dari kecil lagi supaya besarkan Allah...agungkan Nabi Muhammad S.A.W....

    kadang2 hati ni susah nak bersedekah lebih2 lagi barangan yg kita sayang tapi jika kita sedekahkan barangan paling kita sayang tu InsyaAllah berlipat2 kali ganda Allah berikan pahala buat kita....yer x...=),,,bagus sekali artikal2 ni...teruskan usaha Bustan SAM dlm menyampaikan dakwah yer....(^^,)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe iyea kak,, insyaAllah,, trims yea kak Fiza :)
      mudah2an ja demikian yea kak :)
      salam sukses kak :)

      Delete
  6. setuju banget... jangan seperti kejadian di jawa timur beberapa bulan yang lalu, pamitan ke ortu utk belajar kelompok/kerja tugas, eh ternyata pulangnya dianter polisi. Kena grebek di hotel...

    Semoga postingan di atas dibaca oleh banyak orang tua dan calon orang tua...

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha masa sich bang,, mungkin khilaf tuu ,,
      taupih da rayuan temen2nya kali tu,,
      mudah2an yea bang :)
      trims tas knjungannya bang,,
      salam :)

      Delete
  7. salam..

    anak itu satu anugerah yang tidak ternilai..
    wajib bagi setiap ibu bapa untk mnjga dan membri didikan terbaik utk ank agr mnjdi salah seorang hamba-NYA yang soleh/solehah..

    nice sharing =) thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. samar - samar kak :)
      trims yea kak tas knjungannya :)

      Delete