Rendah Diri ( Tawadhu’ )


Tawadhu’ ( Rendah Diri )

penulis Al-Ustadz Abu Usamah bin Rawiyah An-Nawawi

Sikap rendah diri tanpa menghinakan diri- merupakan sifat yg sangat terpuji di hadapan Allah dan seluruh makhluk-Nya. Sudahkah kita memilikinya?
Merendahkan diri adalah sifat yg sangat terpuji di hadapan Allah dan juga di hadapan seluruh makhluk-Nya. Setiap orang mencintai sifat ini sebagaimana Allah dan Rasul-Nya mencintainya. Sifat terpuji ini mencakup dan mengandung banyak sifat terpuji lainnya.

Yang dikatakan Tawadhu’ ataupun sikap rendah diri adalah ketundukan kepada kebenaran dan menerima dari siapapun yang datang baik ketika suka, duka atau dlm keadaan marah sekalipun. maksudnya janganlah kamu memandang dirimu berada di atas semua orang. Atau engkau menganggap bahwa semua orang membutuhkan dirimu. Bergaullah dengan orang – orang disekitarmu dengan menjaga hiti, martabat, tingkah dan perasaan orang lain.
Lawan dari sifat tawadhu’ adl takabbur sifat yg sangat dibenci Allah dan Rasul-Nya. Rasulullah mendefinisikan sombong dgn sabdanya:

“Kesombongan adl menolak kebenaran dan menganggap remeh orang lain.”

Jika anda mengangkat kepala di hadapan kebenaran baik dalam rangka menolak atau mengingkari berarti anda belum tawadhu’ dan anda memiliki benih sifat sombong.
Tahukah anda apa yg Allah SWT. perbuat terhadap Iblis yg terkutuk???? Dan apa yg diperbuat Allah kepada Fir’aun dan tentara-tentaranya???  Kepada Qarun dgn semua anak buah dan hartanya???? Dan kepada seluruh penentang para Rasul Allah? Mereka semua dibinasakan Allah SWT. Karena mereka tidak memiliki yang namanya sikap tawadhu’ dan malah sebaliknya justru mereka menyombongkan dirinya.

Tawadhu’ di Hadapan Kebenaran

Menerima dan tunduk di hadapan kebenaran sebagai perwujudan tawadhu’ adl sifat terpuji yg akan mengangkat derajat seseorang bahkan mengangkat derajat suatu kaum dan akan menyelamatkan mereka di dunia dan akhirat. Allah SWT. berfirman:

“Negeri akhirat itu Kami jadikan utk orang2 yg tdk menyombongkan diri dan berbuat kerusakan di muka bumi dan kesudahan yg baik bagi orang2 yg bertakwa.”

Fudhail bin Iyadh t dita tentang tawadhu’ beliau menjawab: “Ketundukan kepada kebenaran dan memasrahkan diri kepada serta menerima dari siapapun yg mengucapkannya.” . Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

“Tidak akan berkurang harta yg dishadaqahkan dan Allah tdk akan menambah bagi seorang hamba yg pemaaf melainkan kemuliaan dan tidaklah seseorang merendahkan diri krn Allah melainkan akan Allah angkat derajatnya.”

Ibnul Qayyim t dlm kitab Madarijus Salikin berkata: 

“Barangsiapa yg angkuh utk tunduk kepada kebenaran walaupun datang dari anak kecil atau orang yg dimarahi atau yg dimusuhi mk kesombongan orang tersebut hanyalah kesombongan kepada Allah krn Allah adl Al-Haq ucapan haq agama haq. Al-Haq datang dari Allah dan kepada-Nya akan kembali. Barangsiapa menyombongkan diri utk menerima kebenaran berarti dia menolak segala yg datang dari Allah dan menyombongkan diri di hadapan-Nya.”

Perintah utk Tawadhu’

Dalam pembahasan masalah akhlak kita selalu terkait dan bersandar kepada firman Allah subhanahu wa ta’ala:
“Sungguh telah ada bagi kalian pada diri Rasul teladan yg baik.”

Dalam hal ini banyak ayat yg memerintahkan kepada beliau utk tawadhu’ tentu juga perintah tersebut utk umat dlm rangka meneladani beliau. Allah subhanahu wa ta’ala berfirman:

“Dan rendahkanlah dirimu terhadap orang2 yg mengikutimu yaitu orang2 yg beriman”.

           Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:
“Sesungguh Allah telah mewahyukan kepadaku agar kalian merendahkan diri sehingga seseorang tdk menyombongkan diri atas yg lain dan tdk berbuat zhalim atas yg lain.”

Demikianlah Rasulullah saw. mengingatkan kepada kita bahwa tawadhu’ itu sebagai sebab tersebar persatuan dan persamaan derajat keadilan dan kebaikan di tengah-tengah manusia sebagaimana sifat sombong akan melahirkan keangkuhan yg mengakibatkan memperlakukan orang lain dgn kesombongan.

Macam-macam Tawadhu’ ( Rendah Diri )

Berikut ada beberapa curahan mengenai pembagina sifat – sifat yang menunjuki kerendahan hati; 
Telah dibahas oleh para ulama sifat tawadhu’ ini dlm karya-karya mereka baik dlm bentuk penggabungan dgn pembahasan yg lain atau menyendirikan pembahasannya. Di antara mereka ada yg membagi tawadhu’ menjadi dua:

1. Tawadhu’ yg terpuji yaitu sifat yang tawadhu’nya seseorang kepada Allah dan tidak mengangkat diri  di hadapan hamba-hamba Allah.
2. Tawadhu’ yg dibenci yaitu sifat tawadhu’nya seseorang tersebut kepada pemilik dunia karana  menginginkan dunia yg ada di sisinya. .

     Wallahu a’lam. ?
Semoga bermaamfaat buat hamba Allah Sekalian.. aminn..
Sumber: www.asysyariah.com
              A’lim muta’klim

4 Responses to "Rendah Diri ( Tawadhu’ )"

  1. salam =)
    perkongsian yg baik..me kasih ye =)
    InsyaAllah..akn sntiasa mengingati siapa dri ni..
    hnya seorng hambaNYA yang hina...

    ReplyDelete
    Replies
    1. heheh iyea kak,, samar - samar :)
      trims uga tas knjngannya ni :)

      Delete
  2. Trim's info tawadhu ini, akan berusaha menghilangkan sifat sombong dari diri ini.

    ReplyDelete

close