Jangan Hancurkan Dirimu Dengan Hal-hal Sepele

Assalamualaikum  wr. wb
Salam sejahtera dari Tangga buat seluruh sahabat blogger di seluruh nusantara ni..
Sobat, pada pertemuan ini ada sedikit tetesan ilmu dari Tangga ni, semoga bisa berguna yaa.. selamat membaca !

Berapa banyak orang di rundung kesusahan yang penyebabnya adalah hanya dengan persoalan yang sepele. Persoalan kecil menjadi besar di hadapan orang yang berjiwa kerdil, dan tampak kecil persoalan besar di hadapan orang-orang yang berjiwa besar."

Lihatlah orang-orang yang munafik, alangkah rendah dan remehnya cita-cita mereka, dan alangkah dinginnya tujuan mereka, inilah perkataan mereka, Janganlah kamu berangkat pergi untuk berperang dalam panas tetrik ini. Berikanlah izin kepada kami dan janganlah engkau memberi cobaan, rumah kami tidak ada yang menunggu, kami sangat takut akan mendapatkan bencana, Apa yang dijanjikan oleh Allah dan Rasul-Nya hanyalah tipuan.” Lihatlah dengan mata hati sobat, betapa bodohnya mereka, betapa ruginya mereka, betapa sialnya jiwa mereka.

Sungguh sangat disayangkan, pikiran mereka hanya disibukkan dengan perutnya, piring, rumah dan istananya sahaja, dimana sebenarnya otak mereka. Benar-benar orang yang berjiwa sia-sia. Mata mereka tidak pernah memandang langit idealitas. Mereka selamanya tidak akan pernah melihat bintang keutamaan. Kepentingan dan batas keilmuan mereaka hanyalah kendaaraan, sandal, pakaian, dan hidangan makanan.

Cuba sahabat perhatikan. Disaat pagi sore, penyebab kesedihan mereka adalah tidak lain selain dari konflik keluarga, anak mereka, teman-teman dekatnya, dan mendengarkan kata-kata kotor bahkan mereka menganggap remeh akan hal-hal yang sepele.

Inilah musibah-musibah yang akan menimpa mereka, tidak ada perhatian mulia yang mengisi waktu mereka, bukannya dengan kesibukan yang mulia untuk mengisi waktu mereka akan tetapi mereka yang selalu menyibukkan diri dengan hal-hal yang tidak bermamfaat.

Ada pepatah yang mengatakan :
      “ Bila air yang telah keluar dari wadahnya, udaralah yang akan mengisinya”

Pikirkanlah sobat tentang persoalan yang membuatmu susah dan sedih. Apakah hal itu memang memerlukan kesungguhan dan perhatian ? Karena mungkin anda telah begitu banyak mengorbankan pikiran, daging, darah, istirahat, dan waktu anda. Ini adalah bentuk transaksi yang merugikan dan menukar sesuatu yang mahal dengan hal yang murah.

Para Ulama ahli jiwa berkata : “ Jadikanlah segala sesuatu batas rasionalnya” ungkapan yang paling tepat tentang hal ini adalah dengan Firman Allah SWT.

“ sesungguhnya Allah telah mengadakan ketentuan bagi tiap – tiap sesuatu.”

Maksud dari firman diatas, berikan persoalan sesuai dengan kadar, timbangan dan ukurannya. Oleh sebab itu, takut olehmu dalam berbuat kezaliman dan berlebihan, apalagi sesama ummat beragama. Baik itu dalam hal bicara, dikala kita berbagi satu sama lain baik offline maupun online ( jaringan ). Karena Allah SWT. Maha mengetahui segalanya.

Sahabatku, tujuan utama meraka saat berada di bawah pohon adalah memenuhi bai’atnya, maka mereka akan memperoleh keridhaan dari Allah. Sedangkan salah seorang diantara mereka yang bertujuan utamanya sekedar untanya sehingga ketinggalan untuk ikut berbai’at maka balasannya adalah dosa dan muraka.

Nah sobat blogger yang seagama dan seluruh nusantara, ingat !
Abaikanlah hal-hal remeh, janganlah anda sibuk dengannya, agar kesedihan berpaling dari anda, dan kegembiraan serta kebahagiaan akan merindukan anda dan kembali seperti sediakala.

وَالسَّلَامْ
تَڠڬَا إِسْلَامْ

12 komentar:

  1. keren boss nasehatnya, ijin share ya boss ke FB. Salam Nusantara.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sipp,, oke bang,, no probalme,, hehe
      trims yea bang :)

      Delete
  2. makasih gan udah ngingetin saya :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. heheh napa sedih gitu bang wajahya,, iyee,, samar - samar bang :)

      Delete
  3. Terima kasih sobat atas pencerahannya. Salam silaturahmi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama bang,, salam silaturrahmi juga :)

      Delete
  4. salam bang,,, bagus artikelnya.. mencerahkan buat saya yg sedang banyak tugas,. fokus pada tujuan besar ini,,, :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. salam juga :) ,, trims yea,,
      hehehe jangan berlebihan gitu sobat ku.. :)
      saya hanya sekedar berbagi saja ni :)
      trims yea :)

      Delete
  5. yups bermanfaat bngeet... jngn lelah tuk slalu mengingatkan :)

    ReplyDelete
  6. yups bermanfaat bngeet... jngn lelah tuk slalu mengingatkan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe iya kak,,
      trims yea kak May :)
      salam kak :)

      Delete
    2. sungguh.... tulisan2 yang bermanfaat.

      http://puisiartikehidupan.blogspot.com/

      Delete