Rahasia Di Balik Senyuman

Assalamualaikum sobat,,,
Kalo kita mendengar yang namanya “senyum” seakan – akan kita ingin sekali mempraktekkannya bukan. Akan tetapi bagaimana sih cara nya senyum yang lebih baik ? apa ada untungnya kalau kita senyum ?

Memang benar.. senyum itu aneh bukan, tapi nyata loo. Tahu kenapa ? coba sobat bayangkan saja memang banar semua orang mempunyai bibir tapi tidak semua orang bisa membagikan senyuman otu lho . . .

Eemmm jadi ingin tahu ya apa rahasia di balik semua ini dan bagaimana senyuman yang baik dan apa keuntungannya ? begeni sobat simak baik – baik ya, namun sebelum kita melangkah lebih jauh senyum dulu dong walaupun sedikit saja. Ingat senyum itu sedekah lho, terutama kalau senyum itu sobat lontarkan kepada rekan – rekan sobat. Tahukah kenapa , Rasulullah saw bersabda :

“ Senyummu untuk saudaramu itu adalah sedekah dan kebajikan” ( HR. Imam Ahmad )

Sebelumnya sobat harus memahami dulu, senyum yang bagaimana yang merupakan sedekah dan kebajikan itu sebagaimana yang telah di sebutkan dalam hadist diatas. Memangnya ada berapa senyum itu ??
Bukan masalah senyum itu ada berapa, kalau kita perhatikan dalam keseharian orang – orang yang selalu menghiasi wajahnya dengan senyuman, tampak sekali makna senyuman yang sangat berbeda – beda.

Maksud saya senyuman tersebut punya makna dan sifatnya tersendiri masing - masing. Ada yang bersifat sinis, ada juga senyuman yang sifatnya menggoda, yaitu senyuman yang membuat orang yang melihatnya terjerumus ke dalam maksiat. Senyuman yang seperti ini biasanya di gunakan oleh beberapa laki – laki dan perempuan yang nakal alias ahli dalam merayu atau menggoda orang lain.

Kadang juga kita melihat ada sebuah senyuman yang membuat hati kita bergetar melihatnya, yaitu “senyuman ketabahan”. Terkadang kita juga sampai melihat senyuman orang yang tengah mengalami atau dilanda musibah berupa kepahitan hidup dan senyum yang seperti ini adalah “ senyum ketegaran”.

Makna dan sifat senyum yang saya sebutkan diatas bukanlah senyum yang telah di sabdakan oleh Rasulullah saw, jadi senyum yang saya maksudkan itu adalah senyum yang tulus dan ikhlas. Lalu bagaimana senyum yang tulus itu ?

Senyum yang tulus itulah senyuman yang lahir dari lubuk hati paling dalam. Yang lahir dari kerinduan untuk membahagiakan orang lain serta yang lahir dari kerinduan untk menghormati dan memuliakan orang lain. Juga senyuman yang dapat menghibur, menghilangkan ketegaran, menenangkan keresahan, meredakan amarah, dan juga senyuman yang mencerminkan rasa ukhwah dan persahabatan.

Orang yang selalu menghiasi wajahnya dengan senyuman yang tulus dan ikhlas, maka lahirlah wajahnya akan terlihat manis, berseri – seri dan mesra ehemmmmm hehehe. Bagaimana percaya tidak, coba saja sendiri !! Senyuman seperti inilah yang selalu beliau bawakan ( Muhammad saw ) terutama bagi sahabat – sahabatnya. Sampai Abdullah bin Haris bin Jaz-in RA menyifati Nabi sebagai orang yang paling sering tersenyum. Ada sebuah hadis dari Abdullah bin Haris yang berkata :

Tidak pernah aku melihat seorang pun yang paling banyak senyumannya selain Rasulullah saw ( HR. Tirmizi Ahmad dan disahihkan oleh Al – Albani )

Dan sahabat lainya mengatakan dengan jalan lain:
Tidaklah Rasulullah saw tertawa kecuali senyum semata”. ( HR. Tirmizi disahihkan oleh Al – Albani )

Berdasarkan hadist diatas sekarang sobat sudah mengetahuinyakan, ternyata senyum memiliki rahasianya dan dampak yang berbeda – beda. Jadi jangan sampai senyuman sobat menghanyutkan orang lain ya !. untuk melangkah ke penjelasan tentang keuntungan dan mamfaat senyuman tidak salahnyakan sobat untuk mempraktekkannya sedikit saja J .

Baiklah, sebenarnya keuntungan dari senyuman itu kalau kita kaji tentu sangat banyak yang kita rasakan, baik hubungan dengan orang lain lahir – batin, atau juga dengan Allah SWT. Sebagaimana yang menjadi multy mamfaat, berikut ada beberapa mamfaat yang saya curahkan:

  1.  Dilihat dari segi hubungan sosial, bagi yang ahli senyum pergaulannya terasa menyenangkan. Dengan melihat ahli senyum saja hati kita sudah merasa segar bukan, dengan keakrabannya yang begitu hangat. Disamping itu juga dengan senyuman dapat meluluhkan emosi orang yang marah. Jadi, bila ada yang marah di hadapanmu, maka hadapilah, pergilah, gempurlah dengan senyuman yang bening lagi tulus. insyaAllah ini akan meredam emosi tersebut.

  2.  Dilihat dari segi penampilan, senyum bisa menambah daya tarik seseorang, meskipun dia seorang nenek sekalipun yang sudah ompong, namun jika dia lagi tersenyum dengan ikhlas pasti tampil berbeda. Disiti ada nuansa tersendiri, lebih manis kesannya.

  3.  Dilihat dari segi kesehatan, orang yang murah senyum dia akan terjauh dari yang namanya penyakit Stress “  jantungnya akan berdetak normal, peredaran darahnya yang mengalir dengan baik. Secara singkat saya simpulkan, orang yang murah senyum itu akan terhindar dari aneka macam penyakit ketegangan, sebab senyum itu terus memotivasi hati agar senantiasa cerah ceria bagaikan mentari pagi menyinari bumi. Tahukan sobat, ternyata selain dapat menyehatkan dan menguatkan tubuh, bisa membuat kita awet muda lhoo. Jadi jangan pelit ya dengan senyumanmu yang ikhlas.

Mungkin hanya sebatas ini yang bisa saya sampaikan tentang ke untungan dan rahasia senyuman itu. Nah sekarang cobalah sobat mulai menghiasi wajahmu dengan senyuman yang ikhlas dan tulus tiap ada kesempatan. Tapi ingat, jangan sampai juga senyum – senyum sendiri tanpa sebab lhoo,, sobat juga harus bisa baca situasi dan kondisi, jangan samapai di katakan oleh banyak orang kalau sobat adalah mantan dari RSJ, ihh seremmmm hehehe.

Hanya sedikit pesan saya buat sobat – sobit :
Jangan anggap remeh suatu perbuatan yang baik meskipun itu sedikit sahaja “.
Hanya sekian sobat, terimakasih yaa... senyumnya mana ?!


Disusun : Hamba Allah
Sumber : Berdasarkan ilmu dan hadist

3 komentar:

  1. Terima kasih atas infonya.

    sekedar share http://jamil21.blogspot.com/2013/04/renungan-untuk-sang-istri.html

    ReplyDelete
    Replies
    1. samar - samar bang :)
      salam trims yea bang tas knjungannya :)

      Delete
  2. salam boss, senyum itu membuat hati nyaman melihatnya, bahkan bisa buat kita ketawa kalo lihat ada yang senyum-senyum sendiri.

    terima kasih sudah berbagi ya, ijin share ke Etalase Blogger.

    ReplyDelete