10 Mamfaat Memelihara Mata


Ada pepatah yang bilang kalo asal cinta itu dari mata turun ke hati.Terasa gak ? Awalnya sih mungkin nggak,tetapi karena seringnya bertemu and ber-say hello,serta setelah melihat, menimbang and seterusnya,memutuskan menetapkan bahwa doski ternyata oke juga tuh yang punya prinsip,masa ‘ ada barang bagus dilewatin (jualan kali yee...!). Namun terlepas dari semua itu perlu ingat kalo dampak dari nggak terjaga nya pandanganya itu sangat besar.

Karena ibarat komputer, MATA adalah pemberi input yang akan memberi tulisan ataupun gambar ke CPU (otak) yang kemudian diolah dan disimpan, sehingga sewaktu-waktu dapat ditampilkan kembali. Coba bayangin deh, kalo saja setiap sektor dari memori dipenuhi oleh berbagai file yang nggak penting, jelas bakal sulit bagi kita untuk menyimpan file-file lain yang mungkin aja lebih urgen.

Emm, Kalo kita kembaliin pada konsep otak manusia, maka akses yang tersimpan pada memori akan menyebabkan akan berkurang nya daya ingat, kemampuan menghafal menurun and aktifitas “sabiqul bil khearat” pun terhambat oleh adanya sejumlah gambaran yang mendominasi memori.

Sobat muda,saking gedenya dampak dari memandang ini sehingga ALLAH ngingetin kita untuk senantiasa menjaga pandangan, (liat surat al-Nur 24:30-31).Dan Rasulullah pun ngingetin kita, “Bahwa pandangan merupankan salah satu panah-panah iblis.”(HR.Tabrani dan Hakim).

Berbicara tentang pandangan mata, maka mungkin lebih serunya kalau kita berbicara tentang hukum and mala petaka yang akan diakibatkan nantinya. Pengen tau apa sih sebenarnya hukum pandangan memandang itu ? So, kamu mesti simak yang di bawah ini,oke...!

Hukum Pandangan Mata

Sobat muda, tentu sobat udah pada tau bukan, apa yang dimaksud Ghadhul Bashar itu? Yup, yang dimaksud denga ghadhul bashar disini adalah menjaga padangan or nundukin pandangan dari hal-hal yang diharamkan. Opsss. . .tapi jangan salah !! Nundukin pandangan di sini bukan berarti nundukin kepala terus – menerus sampe ‘nggak liat jalan (ntar nabrak tiang listrik gimana coba, khhan bisa berabe entar).

Karena pandangan mata merupakan dasar untuk menjaga kemaluan, maka syari’at menetapi pengharamannya dan ngebolein karena pertimbangan kemaslahatan yang jelas dan pasti. Sedangkan menjaga kemaluan wajib dalam keadaan gimana pun. Tidak diperbolehkan kecuali menurut hak nya. Perintah untuk menjaga pandangan sering banget disebutin baik dalam AL-QUR’AN maupun didalam Hadist.Dalam al-shahih disebutin al-fadhal bin Abbas Radhiyallahu‘anhu pernah membonceng Rasulullah  Shallaallahu ‘Alaihi Wasallam pada saat pelaksanaat qurban dari Muzdalifa kenima tiba-tiba ada beberapa onta yang sedang dinaiki oleh wanita lewat, seketika itu al-fadhal memandang mereka, lalu Rasulullah membalikkan kepalan nya ke arah yanag lain.

Sobatku muslim ini adalah bukti konkret pelarangan and pengingkaran dengan perbuatan langsung, andai kata pandangan itu diperbolehkan tentunya beliau membiarkan perbuatan al-Fadhl. Rasulullah bersabda :

“sesungguh nya ALLAH telah menetapkan atas dari anak keturunan Adam Bagian nya dari zina,dia mengetahui yang demikian tanpa dipungkiri.Mata itu bisa berzina dan zina nya adalah pandangan,lidah itu bisa berzina dan zina nya adalah perkataan,kaki itu bisa berzina dan zina nya adalah ayunan kaki,tangan itu bisa berzina dan zina nya adalah tangkapan yang keras,hati itu bisa bezina dan zina nya itu keinginan dan berangan-angan,sedangkan kemaluan menebarkan yang demiakian itu atau mendustakan nya.”(HR.Bukhari, Muslim, al-Nasai, Abu Dawud )


Coba perhentian deh, yang calon awal disebutin di sini adalah zina mata, karena inilah dasar dari segala zina. Hadits ini merupakan bukti yang amat jelas bahwa mata bisa berbuat durhaka karena memandang mata merupakan dasar segala fitnah.


Diriwayatkan pula, bahwa Rasulullah Shallallahu’Alaihi wa Sallam pernah bersabda  kepada Ali Radhiyallah’Anhu,
“Wahai Ali jangan lah  engkau ikuti pandangan dengan pandangan berikut, karena pertama menjadi bagianmu dan yang kedua bukan lagi menjadi bagianmu (dosa atasmu).”(HR.al-Tirmidzi dan Abu Dawud)

Dalam hadist ini beliau dengan tegas mengatakan kalo pandangan pertama yang nggak disengaja merupakan bagian atau rezki baginya, sedangkan pandangan berikut bukan lagi, bahwa merupakan dosa yang berarti haram baginya mengulangi pandangan.Nah sobat muda (ghadhulbashar) itu, nah gimana kalo sakarang kita ngebahas  lagi manfaat dari Ghadhul Bashar  itu,oke...! Lanjut deh.

10 Manfaat Memelihara Mata

  1. Menutup pintu neraka jahannam. Pandangan mata adalah merupakan penghalang untuk mengambarkan pandangannya, siapa yang merusak tabis ini maka ia berani melanggar larangan-Nya.

  2. Membersihkan hati dari derita penyesalan. Sesuatu yang paling berbahaya bagi hati adalah mengumbar pandangan karena dia akan meliat apapun yang dicari nya dan nggak mau bersabar. Itulah derita dan siksaan yang dirasakan (makanya, hati-hati dengan mata mu).

  3.  Mendatangkan cahaya and keceriaan di hati. Cahaya and keceriaan yang karena menahan mata ini dilihat dimata, wajah and seluruh tubuh, oleh karena itu ALLAH menyebutkan di dalam surat al-Nuur ayat 35;
    “ALLAH (pemberi) cahaya (kepada) langit dan bumi.”
    yang sebelum nya ALLAH befirman ;
    Katakanlah kepada laki-laki yang beriman hendaklah mereka menahan pandangannya...(al-Nur:30)

  4.  Mendatangkan kekuatan firasat yang benar.menahan pandangan bisa mendatangkan kekuatan firasat, karena itu termasuk cahaya and buah dari cahaya. Jika hati bercahaya maka firasatnya juga nggak bakal meleset deh, sebab hati itu kedudukan seperti cermin yang memperlihatkan seluruh data yang seperti apa adanya, sedangkan pandangan adalah seperti menghembuskan nafas dicermin.

  5. Medatangkan kegembiraan, kesenangan and kenikmatan, kegembiraan dan kesenangan ini jauh lebih melegakan dari kesenangan yang diperoleh dengan  mengumbar pandangan. Sebab dia mampu menahan musuhnya dengan cara menetangnya yakni hawa nafsu yang menjurus kepada keburukan, maka ALLAH menggantin dengan kesenangan nya yang lebih kompit.

  6. Mendatangkan kekuatan hati, keteguhan and keberanian. Seseorang  yang menjaga pandangannya, bakal bisa menguasai pandangan itu yang  disertai dengan penguasaan terhadap hujjah. Di mana  atsar disebutkan
     “siapa yang menetangkan hawa nafsu nya maka syetan akan merasa takut kepadanya.”

  7. Memebaskan hati dari tawanan syahwat. Sesungguh nya orang yang layak disebut tawanan adalah yang bisa ditawan oleh syahwatnya and hawa nafsunya. Kalo hawa nafsu and ayahwat sudah menawan hati manusia, maka kemungkinan bagi musuh rival nya untuk melancarkan siksaan kepadanya, sehingga dia seperti anak burung ditangan anak kecil yang memainkan sesuka hatinya.

  8. Membuka pintu and jalan ilmu serta memudahkan untuk medapatkan sebab-sebab ilmu.

  9. Menguatkan and mengokohkan akal.

  10. Membebaskan hati dari syahwat yang memabukkan adan melalaikan yang melemahkan. Mengumbarkan pandangan mata pasti akan membuat pelakunya lalai terhadap ALLAH dan nggak memikirkan hari akhir serta membuatnya mabuk kepanyang dalam tawanan cinta sebagaimana firman-Nya tentang orang-orang yang mengumbar pandangan  and tertawan oleh rupa penampilan:
    “Demi umurmu (Muhammad )sesungguh nya mereka terombang-ambing di dalam kemabukan (kesesatan).” (al-Hijr)

Nah sobat muda sudah taukan,kalo kita udah tau bahwa pandanga  itu merupakan awal mula tumbuh nya cinta, maka nggak selayaknya  seseorang menjadikan dirinya sebagai tawanan terus-menerus lewat matanya. So, be careful with your eyes!!! Jangan lupa...berdo’alah senantiasa Kepada Sang Maha Tau dari Maha Melihat agar hati dan mata dapat dijaga dari hal-hal yang diharamkan . Wallahu A’lam.

Sumber : Ummu Abdillah bin Abbas

7 komentar:

  1. Subhanalloh.. ternyata mata menjadi salah satu sember petaka kalau kita tidak bisa menjaganya..

    ditunggu kunjungan baliknya sob blog belajar

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bang pasti tuu ;)
      trims tas knjugannya bang :)

      Delete
  2. namun terkadang...menjaga mata dan mulut itu adalah yang paling susah ya...
    terima kasih sob sudah mengingatkan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iy sama2 bang,,
      bgtu juga sbliknya,, trims juga tas knjungannya bang :)
      salam skses bang :)

      Delete
  3. betullah cinta datang dari mata turun ke hati heee

    mata seperti mulut juga harus dijaga..

    ReplyDelete
    Replies
    1. KY, , , ada ada ja kak nii, tapi memang btul kan kak ?? :) heheh
      trims yea kak :)

      Delete
  4. subhanallah, betapa banyak manfaat menjaga mata. Allah menciptakan mata sungguh luar biasa. kita bisa melihat keindahan ciptaan Allah.

    ReplyDelete