Makna Cinta Dalam Islam


بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ

Cinta adalah anugerah sekaligus musibah. Ia akan menjadi kenikmatan bila muncul karena Allah dan berlangsung dijalan Allah. Cinta seperti ini tidak mengenal batas ruang dan waktu sekaligus melampaui batasan fisik dan materi. Orang bijak berkata cinta fitri adalah buah yang tak mengenal musim dan dapat dipetik oleh siapa saja.

Karena cinta yang semacam ini tidak menjadi msalah pada siapa dan seberapa besar apa bentuknya asalkan didasari karena Allah SWT. Dan tetap berada dijalan-Nya. Perasaan cinta didalam jiwa manusia memang sebuah misteri, sebagaimana halnya fenomena tentang “Ruh” / Roh.Rasulullah saw. Bersabda:
“ Ruh itu laksana pasukan yang dikerahkan. Seberapa jauh meraka saling mengenal maka sejauh itu pula mereka saling menyatu dan seberapa jauh mereka tida saling mengenal, sejauh itu pula mereka akan berselisih.” (HR. Bukhari, Muslim dan Abu Dawud).

Karena itulah, sebagaimana diriwayatkan dalam hadis Muslim, bahwa kalau menyatu jiwa sesama mukmin dalam cinta itu akan menjadi kuat dan tetap hidup seperti halnya satu tubuh. Begitu kuatnya pengaruh dari cinta. Kadang mampu menghilangkan kontrol emosi dan logika manusia hingga tidak mampu bersikap objektif.

Cinta bisa membuat seseorang mabuk asmara dan menjadi buta sebagaimana yang diungkapkan oleh Qais:
“ kamu gila karena orang yang kamu cintai, memang cinta buta itu lebih parah dari gila. Orang tidak bisa sadar karena cinta buta itu, sedangkan orang gila bisa terkapar tidak berdaya.”

Yang paling parah cinta dapat membuat seseorang lupa akan cinta kepada Allah dan dapat berakibat Syirik, “Na’u zubillah”. Oleh karena itu, dasarilah cinta itu dengan cinta karena Allah. InsyaAllah kita akan bahagia. Aminnn...

Sumber : Imam Musbikin

4 komentar:

  1. Allah, Sang Maha Cinta.. Tempat segala cinta..
    Yang cinta kita hendaknya berlabuh terutama kali kepada-Nya...

    ^_~

    ReplyDelete
  2. Sadfghnjbvzxcvytwertyjnbvxcvnnbvzxcntrfghjuytdfgbnmvcvbnmhgvnrertyuuyt7 \hfdfgbnmlkjhjhoiuywerdbnzhgasdfghjklqweruiasdfhvbnhggfjnbvghjg

    ReplyDelete
  3. cinta pada manusia kadangkala mengundang kesakitan jika hilang pertimbangan,cinta pada Allah mengundang kenikmatan tak berbelah bagi. Dia tetap bersama kita walau apa pun jua keadaan..

    ReplyDelete