Bagaimana Menghadapi Kritik Yang Salah?


بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ

Orang – orang yang bodoh dan tolol mencela Tuhan yang telah menciptakan dan memberi rezeki, mencela Tuhan Yang Maha Esa, tiada Tuhan melainkan Dia. Maka bagaimana saya dan anda bisa memprediksikan, sedangkan kita adalah orang yang suka berbuat salah dan aniaya.

Dalam sebuah kehidupan, pasti anda akan menghadapi suatu pertempuran yang sengit dan tidak mengenal belas kasih, yang berupa kritikan yang sangat pahit, penghancuran yang direncanakan, dan penghinaan selagi anda memberi dan membangun, memiliki pengaruh, dan memiliki prestasi yang bersinar dan cemerlang.
Mereka tentu selamanya tidak akan pernah diam diri dari anda, hingga anda membuat ruang tertentu di dalam bumi atau membuat tangga di langit untuk melarikan diri, padahal anda ada di antara kehidupan mereka. Maka tunggulah keburukan yang akan di timpakan oleh mereka kepada anda dan keluarnya air mata dari kelupuk mata anda, berdarah kedua bola mata, dan menyita tempat tidur anda. “ Mereka dengki kepada seorang pemuda ketika mereka gagal dalam berusaha.” Maka manusia adalah musuh bagi pemuda.

Sungguh, orang yang menetap di bumi dia tidak akan jatuh, manusia tidak akan menendang anjing yang telah mati, tetapi mereka akan marah kepada anda karena anda telah melampauinya dalam hal kebaikan, ilmu, tata krama ataupun karena kesuksesan anda terhadap kekayaan yang anda peroleh.

Dihadapan mereka, anda adalah seorang pendosa yang tidak terampuni, hingga anda tinggalkan segala bakat dan kenikmatan – kenikmatan yang telah Tuhan berikan kepada anda, anda lepaskan segala sifat – sifat terpuji dan segala makna berbakti, sehingga yang tinggal hanya kebodohan dan ketololan dan kerusakan.
Inilah yang mereka kehendaki dari anda. Kalau begitu tegarlah terhadap ucapan. “ Gunung Uhud Tegar”. Jadilah anda bagai batu yang diam menakutkan yang dari sisi atasnya memecah hujan dingin bagi kokohnya wujud dan kadar selama – lamanya.

Jika anda memperhatikan ucapan mereka dan anda bereaksi terhadap ucapan itu, sungguh anda telah mewujudkan angan – angan mereka yang berlebihan dalam memperkeruh kehidupan dan umur anda. Maka tolaklah mereka dengan penolakan yang penuh kesantunan.

Ingatlah, berpalinglah dari mereka, dan janganlah bersempit dada terhadap tipu daya mereka. Sungguh kritik mereka yang bodoh adalah penjelas yang memuliakan diri anda. Kritik dilancarkan sepadan dengan ukuran anda. Pasti anda tidak akan mampu membungkam mulut – mulut mereka, dan tidak akan mampu untuk mengingat lisan – lisan mereka, tetapi anda hanya akan mampu meredam kritisi mereka, menghindar darinya, membiarkan sikap mereka, dan melemparkan kata terhadap ucapan mereka. “ Katakan (Olehmu Muhammad) matilah kamu dengan kemarahanmu.”
“Ketika kebaikan – kebaikan yang aku tunjukkan, malah itu yang menjadi keburukan. Maka katakan padaku bagaimana mengungkapkan alasan

Bila anda menghendaki agar diterima dan dicintai oleh semua, bebas dari aib dan cela yang ada di dunia, berarti anda mengusahakan hal yang mustahil dan mengangan – angankan yang jauh. “ Dan perkataan orang hasud yang tanpa dosa aku dengarkan dan aku katakan , “Lakukan dan tancapkan kepada ku, mereka mencela aku, sedangkan aku tidak membalasnya, dan tidak kan pernah berkeringat dahiku selamanya.”

Pesan Hamba Allah :
“Dan ingat, apa yang menjadi cobaan untuk anda berarti itu peluang emas untuk kesuksesan anda”

Sumber : Aidh Abdullah Al – Qarni
Penulis : Hamba Allah, La - Tahzan

0 komentar:

Post a Comment